berkenalan dengan Berpikir Kreatif ( Creative Thingking ) – #1

by azilmi

Sebagian besar pola fikir yang di dapatkan dari pendidikan formal adalah keterampilan berfikir analisis dalam memahami sebuah klaim, mengikuti dan menghasilkan pemikiran dari argumen-argumen yang logis, mecari jawaban praktis, mengeliminasi jawaban-jawaban yang salah dan berfokus pada satu hal yang sudah dianggap benar pada umum nya. Namun selain itu, masih ada cara lain dalam berfikir, yaitu melakukan eksplorasi-eksplorasi terhadap ide, menghasilkan kemungkinan-kemungkinan dalam menghasilkan jawabam, mencari jawaban yang benar tapi tidak bergantung pada satu jawaban saja yang benar. Kedua jenis cara berfikir tersebut merupakan dua hal yang sangat penting dalam dunia saat ini dan tidak dapat dipisahkan.

Dalam sebuah kegiatan, seperti dalam memecahkan masalah, kedua jenis cara berfikir tersebut merupakan suatu hal yang sangat penting. Pertama kita harus melakukan analisis-analisis terhadap masalah yang ada, lalu kita harus dapat menghasilkan kemungkinan-kemungkinan yang ada sebagai sebuah solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut, selanjutnya kita harus memilih dan mengimplementasikan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut dan pada akhirnya, kita harus mengevaluasi solusi yang paling efektif dalam sebuah efektifitas dalam menyelesaikan masalah tersebut. Seperti  yang dapat anda lihat, proses ini mengungkapkan sebuah proses dimana proses berfikir kreatif dan kritis, bekerja secara bersamaan.

Apakah Kreatifitas?

An Abillity. Definisi sederhana dalam mengartikan kreatifitas yaitu sebuah kemampuan untuk membayangkan, mengeksplorasi dan menemukan suatu hal yang baru, namun bukanlah sebuah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang diluar kehendaknya (karenga hanya tuhan yang bisa), kreatifitas juga merupakan sebuah kemampuan untuk menghasilkan ide-ide yang baru dengan menggabungkan, mengubah atau memperbaharui ide-ide yang ada. Beberapa ide kreatif yang dihasilkan dan sangat brilian didapatkan dari proses-proses tersebut, ide-ide baik yang dihasilkan semuanya melalui tahap kreatifitas, namun sayang nya masih banyak orang yang belum mengerti akan penting nya kreatifitas tersebut dalam menghasilkan sesuatu hal yang luar biasa.

belive it or not, setiap orang telah memiliki kreatifitas substansial secara bawaan dari sejak mereka lahir. Pertama dapat kita lihat saja bagaimana anak-anak dapat melakukan hal-hal kreatif seperti menggambar pada sebuah dinding rumah kita, memainkan mainan-mainan kecil nya hingga memainkan game pada sebuah perangkat. Hal yang sangat disayangkan adalah pada saat mereka dewasa, kreatifitas mereka terhalang oleh hasil pendidikan-pendidikan formal yang dilalui nya selama bertahun-tahun, namun kreatifitas tersebut masih tetap ada dan dapat dibangkitkan kembali seiring dengan sejauh mana kreatifitas tersebut dibutuhkan bagi individunya. Pembangunan ulang dan pengembangan akan kreatifitas yang ada namun telah tertidur dan tidak terasah secara langsung dapat dilakukan dengan sebuah komitmen dalam mengembangkan kreatifitas tersebut serta mau meluangkan waktu nya untuk berlatih untuk kreatifitas nya.

An Attitude. Kreatifitas juga merupakan sebuah sikap, yaitu sebuah kemampuan untuk menerima perubahan dan pembaharuan terhadap diri nya sendiri dan lingkungannya, kemauan untuk memainkan dan mengaplikasikan ide-ide baru dan kemungkinan-kemungkinan baru atas ide-ide yang dihasilkannya, fleksibilitas dalam gaya pandang, kebiasaan menikmati hal-hal positif, sambil terus berupaya untuk mengembangkan setiap kemampuannya

A Process. Orang-orang yang kreatif adalah orang yang mau bekerja keras dan terus melatih kemampuannya, berlatih untuk meningkatkan ide dan solusi-solusi yang berkualitas dalam memecahkan berbagai permasalahan, dengan membuat perubahan-perubahan secara bertahap dan memperbaiki setiap karya-karya nya. Orang-orang kreatif pun dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa pada sebuah karya nya dengan hanya melakukan sedikit tindakan meskipun dalam aktifitas-aktifitas padat nya dalam keseharian. Jauh lebih dekat, pada konsepsi bisnis, para perusahaan terus melakukan pengembangan-pengembangan dalam metodologi bisnis nya dengan mengambil pengalaman-pengalaman dari setiap karakter unik disetiap investor yang terlibat dalam pasar bisnis nya, sehingga perusahaan pun terus bereksplorasi dalam menghasilkan sesuatu yang luar biasa bagi bisnis nya

orang yang kreatif pun tahu bahwa selalu ada ruang untuk memperbaiki diri di setiap kesempatannya.

Advertisements